Wednesday, March 21, 2018

Mengenal Infinity Stones


Infinity Stones atau Infinity Gems menjadi aspek yang selalu penting di Marvel Cinematic Universe. Dikenal sebagai enam obyek yang memiliki kekuatan yang dasyat dan berbeda-beda, yang terpencar dalam alam semesta. Sebelumnya kita telah perlahan-lahan belajar tentangnya dalam film-film Marvel Studios yang banyak dari kita tidak memperhatikanya. Padahal tidak akan lama lagi mereka akan menjadi pusat perhatian dalam The Avengers: Infinity War, yang akan menampilkan Titan Mad atau yang biasa dikenal sebagai Thanos berniat mengumpulkan semua Infinity Stones ke dalam Gauntlet Infinity yang konon dia dapat memiliki kekuatan tak terbatas.

Kebanyakan dari fans Komik mungkin telah sepenuhnya menyadari apa itu Infinity Stones dan seluk beluk tentangnya, tapi pasti ada banyak di luar sana (fans Movie atau TV-Series Khususnya) yang bingung dengan semua ini dan tidak memiliki cara untuk menjabarkanya. Dan karena sebab Itulah saya mencoba membuat panduan kecil yang praktis ini, yang tidak hanya akan membahas tentang kekuatan dan apakah sebenarnya batu itu, tapi juga tempat pertama kali saya melihat mereka muncul di Marvel Cinematic Universe dan tempat terakhir mereka terlihat.

Space Stone
Debut : Captain America: The First Avengers, dikenal sebagai Tesseract, Space Stones disembunyikan selama berabad-abad di Bumi di sebuah gereja di Tonsberg, Norwegia. Namun kita juga melihatnya dicuri oleh Red Skull pada tahun 1942. Dan akan kemudian berakhir di tangan S.H.I.E.L.D. (seperti yang pertama terlihat pada urutan pre-credit Thor).

Terakhir Terlihat : Setelah dicuri dari S.H.I.E.L.D. oleh Loki di film The Avengers, Tesseract dimasukkan ke dalam kubus khusus dan dibawa kembali ke Asgard oleh Thor (bersama dengan Loki yang diborgol). Hal ini terbukti dalam film Thor: Ragnarok dan terkunci di Treasure Room kerajaan Asgard seperti yang pertama kali terlihat di seri pertama Thor. Setelah Asgard hancur kemungkinan besar Thanos datang dan mencoba untuk mengambilnya, seperti yang tersirat dalam end-scene Thor: Ragnarok.

Kekuatan : Batu yang dipercaya dari luar angkasa yang dimanfaatkan oleh Red Skull dan Hydra selama Perang Dunia II sebagai sumber energi yang bisa digunakan untuk senjata, tapi seperti yang terlihat di The Avengers kekuatannya sebenarnya jauh lebih besar dari itu. Tesseract sebenarnya bisa digunakan untuk membuka portal antar Galaxy, seperti yang ditunjukkan saat Loki menggunakannya untuk membuka jalan invasi Alien di Bumi.

Mind Stone
Debut : Saya sebenarnya tidak tau bahwa itu adalah Mind Stone pada saat itu, yang pertama kali muncul di The Avengers saat Thanos memberikannya kepada Loki sehingga dia bisa memimpin invasi Chitauri ke Bumi, yang ternyata Mind Stone terdapat dalam tongkat Loki.

Terakhir Terlihat : Seperti yang terlihat di The Avengers: Age of Ultron dan Captain America: Civil War, berwarna kekuningan dan sekarang tersimpan di dahi Vision.

Kekuatan : Sejak pertama kali diperkenalkan, Mind Stone sebenarnya terbukti berguna dalam banyak hal, baik dan buruk. Awalnya, Loki menggunakannya untuk menghipnotis beberapa orang (termasuk Hawkeye) untuk mencoba dan mencuri Tesseract. Kemudian, di Captain America: The Winter Soldier mid-credit scene, terungkap bahwa batu tersebut sebenarnya digunakan untuk membangkitkan kekuatan bawaan (mutasi) Wanda dan Pietro Maximoff yang mengubahnya menjadi Scarlet Witch and Quicksilver. Belum cukup sampai disitu, Tony Stark kemudian menggunakannya untuk membuat kecerdasan buatan pertama kali di The Avengers: Age of Ultron, dan kemudian ciptaannya "Ultron" menggunakannya untuk menciptakan Vision. Pada dasarnya, jika kamu ingin menciptakan kecerdasan buatan yang sempurna Mind Stone adalah jawabannya.

Reality Stone
Debut : Beberapa ribu tahun yang lalu pemimpin Dark Elf yang dikenal sebagai Malekith mencoba menggunakan Reality Stone [yang juga dikenal sebagai "Aether"], untuk mencoba dan mengembalikan alam semesta ke keadaan kegelapan abadi. Seperti yang terlihat pada Thor: The Dark World, rencananya dihentikan oleh Asgardians dan The Aether disembunyikan di antara dunia dengan harapan tidak akan pernah ditemukan lagi.

Terakhir Terlihat : The Aether ditemukan lagi dan Malekith sekali lagi mencoba melakukan rencananya dulu, namun kali ini Thor yang menggagalkanya. Untuk mencegah dua Infinity Stones agar tidak disimpan di tempat yang sama, Asgardians memutuskan untuk mempercayakanya pada The Collector (meskipun mereka sebenarnya tidak merasa bahwa dia dapat dipercaya).

Kekuatan : Meskipun Reality Stone sudah muncul namun sangat sulit bagi saya untuk menjabarkan kekuatan apa saja yang terdapat dalam Infinity Stone tersebut. Meskipun begitu ada beberapa hal sangat jelas: kekuatanya sangat kuat, lebih dari sekedar membuat portal ruang angkasa ataupun mengendalikan pikiran seseorang.

Power Stone
Debut : Guardians of the Galaxy vol. 1 mengenalkan saya pada Power Stone untuk pertama kalinya. Ditemukan Star-Lord dalam Orb di planet Marsag dan tentunya dia bukan satu-satunya yang mencari.

Terakhir Terlihat : Meskipun dalam beberapa waktu Power Stone direbut, Guardians of the Galaxy bisa mendapatkannya kembali, memanfaatkan kekuatan batu itu untuk menghancurkan dia, Ronan. Sambil menjauhkannya dari tangan Ravagers, Star-Lord kemudian menyerahkan Infinity Stone itu ke Nova Corps dan disimpan dalam lemari besi di Xandar.

Kekuatan : Power Stone benar-benar hanya bisa dipegang oleh makhluk yang sangat kuat, seperti yang terlihat dalam beberapa kejadian di Guardian of the Galaxy vol. 1. Siapapun yang bisa mengendalikan Power Stone maka orang yang memegangnya dapat melakukan beberapa hal yang sangat merusak. Seperti yang ditunjukkan dalam sebuah video yang ditunjukan The Collector, pernah digunakan untuk menghapus sebuah planet.

Time Stone
Debut : Salah satu jenis Infinity Stones yang paling baru saya lihat yang ditampilkan dalam Doctor Strange. Time Stone pertama kali ditemukan di dalam salah satu tempat pelatihan sihir yang dikenal sebagai Kamer-Taj. Time Stone juga dikenal sebagai Eye of Agamotto, yang digunakan oleh The Ancient One dan pengikutnya untuk membantu melindungi Bumi dari ancaman mistis.

Terakhir Terlihat : Doctor Strange memakai dan menggunakan Time Stone untuk menyelamatkan Bumi dari usaha Kaecilius untuk membawa Dormammu dan Dark Dimension ke Bumi. Namun pada akhirnya Doctor Strange mengembalikannya ke tempat dia pertama kali menemukannya di Kamer-Taj, karena dia berfikir bahwa bukan ide yang bagus untuk terus memakainya setiap saat.

Kekuatan : Seperti yang bisa ditebak dari namanya, Time Stone adalah salah satu Infinity Stones yang bisa manipulasi waktu. Tak hanya membuat lingkaran waktu yang seperti Doctor Strange tunjukan, namun Time Stone memiliki potensi kekuatan yang jauh melampaui penerapannya sejauh ini (sampai di Thor: Ragnarok ya!). Infinity Stone ini jelas bisa menjadi benda yang pada akhirnya bisa membuat, merubah ataupun menghapus kejadian yang belum, sudah ataupun yang sedang terjadi di Marvel Cinematic Universe, belum lagi membuat waktu alternatif. Pada akhirnya siapa pun yang memegang Time Stone memiliki kendali pada waktu (masa lalu, sekarang, dan masa depan).

Soul Stone
Debut : Sampai Black Phanter rilis, saya belum yakin pernah benar-benar melihatnya. Sementara lima dari enam Infinity Stones telah terungkap, dan Soul Stone bukan salah satunya.

Terakhir Terlihat : Sekali lagi, yang satu ini belum diketahui sebelumnya.

Kekuatan : Saya tidak tahu persis bagaimana Marvel Cinematic Universe akan mengubah segalanya dan memasukanya dalam cerita. Seperti yang diketahui dari sumbernya "Komik", Pemegang Soul Stone tak hanya bisa memanipulasi jiwa (menghidupkan atau membunuh), tapi sebenarnya bisa digunakan juga untuk mencuri kemampuan individu berbakat. Di Komik pun juga dijelaskan siapa yang memegangnya, dan semoga saja Avengers: Infinity War menjawab pertanyaan saya atau siapapun yang ingin mengetahuinya, Soul Stone.

Itulah segala sesuatu yang saya ketahui tentang Infinity Stones sampai saat ini, jika ada yang kurang ataupun ada perbedaan pendapat, mari diskusikan bersama dalam kolom komentar. Terimakasih.


EmoticonEmoticon